Minggu ini saya nonton dua kali
dong film Indonesia. Kalo dipikir-pikir film-film yang selama ini saya tonton
ya kalo gak produksi Amerika, ya Eropa. Bukannya gimana-gimana, ya emang begitu
adanya. Agak males sebenernya, jujur.
Misalnya kalo saya gak sengaja
nonton sinetron atau ftv di ruang tunggu dokter gigi pun, pasti saya jadi
cekikian sendiri, geli, lucu banget padahal gak ngelawak, tapi ekspresi para so
called ‘aktor dan aktris’ itu gak matching sama ekspresi orang yang beneran
mengalami kejadian itu. Kalo marah, melotot-lotot over, teriak-teriak over,
kalo sedih, sok-sok sedih, gak keluar air mata tapi matanya seperti lagi berusaha
ngeluarin air mata itu, semacam ngeden di mata. Micro expression mereka tuh gak
ada banget. Urat mukanya rata aja, gerak sedikit doang. Artifisial banget.
Ketauan lagi belajar akting banget.
Lagipula, peran-perannya tuh boring
banget menurut saya, gak variatif, kalo yang jahat ya jahat banget, kalo yang
baik ya baik, polos dan naif banget sampe digampar-gampar pun nurut aja, terus nangis.
Muka pun begitu, gak matching sama perannya yang penting cakep aja. Eh plis deh
masa peran cewek dari kampung yang ceritanya susah gitu yang main cantik
banget, putih banget, tinggi semampai, bening banget deh. Bukannya malah liat apa
yang sedang saya liat, yaitu si cewek rambutnya dikepang dua, pake sendal jepit
dan kain, saya malah ngebayangin baju yang kira-kira dia pakai sebenernya,
dress-dress cantik gitulah. Di rumah kampung itu pula, settingnya kok etnik
yang bagus banget ya, mirip-mirip kalo lagi mampir ke Dian Kenanga. Ada table
lamp elegan pula. Ckckck. Emang rumah dikampung begitu ya? Bagus banget sih. Kalo
gitu saya tinggal dimana dong selama ini? *nangis. Gak realistis pokoknya, saya
gak kebawa sama ceritanya malah sekedar jadi observer.
Sepengalaman empiris saya, ‘anak
dari kampung’ gak ada yang secantik, seputih, sebening, sesemampai itu. Plis
deh itu sih model, artis, anak kota banget. Biasanya gennya lebih variatif. Atau mungkin koceknya yang variatif. Atau, misalnya ada yang sebegitu cantiknya dari
kampung, biasanya juga udah dinikahin entah sama lurah atau ‘petinggi’ disana.
Balik lagi ke film, minggu ini saya
sedikit nonton Act of Killing, directornya sih bukan orang Indonesia, Oppenheimer.
Tapi filmnya ngambil tema tentang G30SPKI (saya hanya nonton sebentar aja karena
telat, ga dapet duduk, saya dan teman-teman pegal berdiri, malah cari makan) saya
dateng pas adegan si bapak-bapak bossy dengan muka coreng moreng beserta
teman-temannya yang mukanya gak kalah kacau, sedang menginterogasi si tertuduh
di kursi. Si tertuduh dibentak-bentak, ditanya-tanya, disuruh minum air putih, diyakinkan
gak ada apa-apa di air itu, mirip-mirip suasana inisiasi lah. Bedanya, si bossy
scary man itu mempraktekkan jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan entah siapa
sebelumnya. ‘Bagaimana cara Anda membunuh?’ Dia menjawabnya kira-kira ‘Ya, saya
kalo membunuh itu, harus membuat orang itu rela mati, mati dengan ikhlas, kita
bujuk dulu supaya mau mati’ kemudian dia mencoba-coba menjerat leher si
tertuduh yang habis menangis itu dengan tali. Di sela-sela adegan itu, nampak
kru film dengan kameranya. Saya nangkepnya, oke, jadi si muka serem ini lagi
nyeritain gimana dia dulu ngebunuh, di hadapan kru fim, dijadiin film. Pantesan
aura film ini agak lucu, gimana saya bisa ngerasa lucu saat situasi tersebut
seharusnya menimbulkan efek mengerikan, ya agak-agak black comedy. Saya gak
bisa ngomong lebih banyak lagi karena baru nonton sedikit banget, tapi dari
penangkapan saya yang sedikit itu, aktor-aktornya seakan naif banget, naif
dengan kejahatannya, kebanggaannya dari apa yang mereka lakukan. Pas banget.
Settingnya juga biasa-biasa aja, cenderung aneh malah. Ya, pas lah dengan
suasana aneh tersebut.
Berlanjut ke film tanda tanya.
(Saya basi banget ya baru nonton ini). Ini film yang entah kenapa bikin saya
berkaca-kaca saat menontonnya. Dipikir-pikir kapan saya berkaca-kaca begini
nonton film Indonesia? Oiya. Waktu nonton Petualangan Sherina. Zzzzzzz. Eh saya
tetiba pengen nonton film Suzanna lagi jadinya. Creepy banget. Beranak Dalam
Kubur, Ratu Pantai Selatan, maksud saya, si Suzannanya yang cantik ini sendirian
aja auranya udah creepy, ditambah lagi main film horror. Balik ke film ?,
sebenernya saya sih tetap aja liat akting Rio Dewanto, Revalina, Endhita, biasa
aja. Mukanya rata aja, gak ada micro expression, karakternya juga si Revalina
baik dan naif banget, si Rio nya emosian banget. Endhita cukup bagus sih, cocok
dengan karakternya yang kuat; perempuan Islam yang pindah ke Katolik sejak
suaminya minta poligami.
Tapi akting mereka ketolong sama
ceritanya yang cukup menggambarkan situasi keberagaman di Indonesia, yang di
satu sisi bisa memperkaya, di sisi lain bisa jadi bahan perpecahan. Di salah
satu adegan ada rombongan mas-mas yang pake sarung, kopiah dan baju koko, lewat
ngatain si Rio yang cina ini ‘Cina!’, dan di bales si Rio ‘Teroris!’. Inget
kerusuhan 98? Kantor ayah saya juga ikut dirusak sedemikian rupa, ayah saya gak
lama kemudian di PHK, sempat jobless lama banget karena gak ada yang mau hire dia.
Ayah saya cina, tapi Islam. Posisi yang cukup membingungkan buat situasi
tersebut pokoknya. Mau kemana dia? Orang-orang pada waktu itu mainannya ras dan
agama banget, saya yang masih SD aja ngerti kalo hidup saya berubah, sepertinya
orangtua saya belum kepikiran prepare untuk masa-masa begini, makanan di kulkas
gak sebanyak dulu, mobil-mobil di garasi entah kemana, rumah lantai atas yang
waktu itu lagi dibangun berhenti gitu aja, les-les saya berhenti, sampai shampo
dan sabun aja ganti, pokoknya saya gak hidup sesenang dan seringan anak-anak
komplek lainnya yang pamer barbie dan tas baru mereka, saya cuma kagum
ngeliatnya. Terus, yang jadi bapaknya si Rio ini juga mirip-mirip gitu sama
engkong saya dulu; tua, sakit-sakitan, tapi tetep nyablak. Cina banget, ada
dupa-dupaan dirumahnya, bau rumahnya juga beda. Kombinasi-kombinasi itu cukup bikin
saya tersentuh dan berkaca-kaca pas filmnya mulai seru. Gila ya, gimana para
veteran yang nonton Saving Private Ryan? Pantesan katanya pas premiere di
bioskop US, banyak kakek-kakek yang keluar gitu aja ditengah film, keinget
banget sama Perang Dunia II karena si Spielberg ini begitu realistis filmnya. Tapi
ya, kecewa juga sih karena di akhir filmnya, mungkin buat nyenengin mayoritas, mungkin
itu subliminal message juga, si Rio ceritanya masuk Islam. Zzzzzzz. Gak ada
ending yang lebih multikulti lagi? Yah begitulah pokoknya.