14 December 2012

Filmrandom


Minggu ini saya nonton dua kali dong film Indonesia. Kalo dipikir-pikir film-film yang selama ini saya tonton ya kalo gak produksi Amerika, ya Eropa. Bukannya gimana-gimana, ya emang begitu adanya. Agak males sebenernya, jujur.

Misalnya kalo saya gak sengaja nonton sinetron atau ftv di ruang tunggu dokter gigi pun, pasti saya jadi cekikian sendiri, geli, lucu banget padahal gak ngelawak, tapi ekspresi para so called ‘aktor dan aktris’ itu gak matching sama ekspresi orang yang beneran mengalami kejadian itu. Kalo marah, melotot-lotot over, teriak-teriak over, kalo sedih, sok-sok sedih, gak keluar air mata tapi matanya seperti lagi berusaha ngeluarin air mata itu, semacam ngeden di mata. Micro expression mereka tuh gak ada banget. Urat mukanya rata aja, gerak sedikit doang. Artifisial banget. Ketauan lagi belajar akting banget.

Lagipula, peran-perannya tuh boring banget menurut saya, gak variatif, kalo yang jahat ya jahat banget, kalo yang baik ya baik, polos dan naif banget sampe digampar-gampar pun nurut aja, terus nangis. Muka pun begitu, gak matching sama perannya yang penting cakep aja. Eh plis deh masa peran cewek dari kampung yang ceritanya susah gitu yang main cantik banget, putih banget, tinggi semampai, bening banget deh. Bukannya malah liat apa yang sedang saya liat, yaitu si cewek rambutnya dikepang dua, pake sendal jepit dan kain, saya malah ngebayangin baju yang kira-kira dia pakai sebenernya, dress-dress cantik gitulah. Di rumah kampung itu pula, settingnya kok etnik yang bagus banget ya, mirip-mirip kalo lagi mampir ke Dian Kenanga. Ada table lamp elegan pula. Ckckck. Emang rumah dikampung begitu ya? Bagus banget sih. Kalo gitu saya tinggal dimana dong selama ini? *nangis. Gak realistis pokoknya, saya gak kebawa sama ceritanya malah sekedar jadi observer.

Sepengalaman empiris saya, ‘anak dari kampung’ gak ada yang secantik, seputih, sebening, sesemampai itu. Plis deh itu sih model, artis, anak kota banget. Biasanya gennya lebih variatif. Atau mungkin koceknya yang variatif. Atau, misalnya ada yang sebegitu cantiknya dari kampung, biasanya juga udah dinikahin entah sama lurah atau ‘petinggi’ disana.

Balik lagi ke film, minggu ini saya sedikit nonton Act of Killing, directornya sih bukan orang Indonesia, Oppenheimer. Tapi filmnya ngambil tema tentang G30SPKI (saya hanya nonton sebentar aja karena telat, ga dapet duduk, saya dan teman-teman pegal berdiri, malah cari makan) saya dateng pas adegan si bapak-bapak bossy dengan muka coreng moreng beserta teman-temannya yang mukanya gak kalah kacau, sedang menginterogasi si tertuduh di kursi. Si tertuduh dibentak-bentak, ditanya-tanya, disuruh minum air putih, diyakinkan gak ada apa-apa di air itu, mirip-mirip suasana inisiasi lah. Bedanya, si bossy scary man itu mempraktekkan jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan entah siapa sebelumnya. ‘Bagaimana cara Anda membunuh?’ Dia menjawabnya kira-kira ‘Ya, saya kalo membunuh itu, harus membuat orang itu rela mati, mati dengan ikhlas, kita bujuk dulu supaya mau mati’ kemudian dia mencoba-coba menjerat leher si tertuduh yang habis menangis itu dengan tali. Di sela-sela adegan itu, nampak kru film dengan kameranya. Saya nangkepnya, oke, jadi si muka serem ini lagi nyeritain gimana dia dulu ngebunuh, di hadapan kru fim, dijadiin film. Pantesan aura film ini agak lucu, gimana saya bisa ngerasa lucu saat situasi tersebut seharusnya menimbulkan efek mengerikan, ya agak-agak black comedy. Saya gak bisa ngomong lebih banyak lagi karena baru nonton sedikit banget, tapi dari penangkapan saya yang sedikit itu, aktor-aktornya seakan naif banget, naif dengan kejahatannya, kebanggaannya dari apa yang mereka lakukan. Pas banget. Settingnya juga biasa-biasa aja, cenderung aneh malah. Ya, pas lah dengan suasana aneh tersebut.

Berlanjut ke film tanda tanya. (Saya basi banget ya baru nonton ini). Ini film yang entah kenapa bikin saya berkaca-kaca saat menontonnya. Dipikir-pikir kapan saya berkaca-kaca begini nonton film Indonesia? Oiya. Waktu nonton Petualangan Sherina. Zzzzzzz. Eh saya tetiba pengen nonton film Suzanna lagi jadinya. Creepy banget. Beranak Dalam Kubur, Ratu Pantai Selatan, maksud saya, si Suzannanya yang cantik ini sendirian aja auranya udah creepy, ditambah lagi main film horror. Balik ke film ?, sebenernya saya sih tetap aja liat akting Rio Dewanto, Revalina, Endhita, biasa aja. Mukanya rata aja, gak ada micro expression, karakternya juga si Revalina baik dan naif banget, si Rio nya emosian banget. Endhita cukup bagus sih, cocok dengan karakternya yang kuat; perempuan Islam yang pindah ke Katolik sejak suaminya minta poligami.

Tapi akting mereka ketolong sama ceritanya yang cukup menggambarkan situasi keberagaman di Indonesia, yang di satu sisi bisa memperkaya, di sisi lain bisa jadi bahan perpecahan. Di salah satu adegan ada rombongan mas-mas yang pake sarung, kopiah dan baju koko, lewat ngatain si Rio yang cina ini ‘Cina!’, dan di bales si Rio ‘Teroris!’. Inget kerusuhan 98? Kantor ayah saya juga ikut dirusak sedemikian rupa, ayah saya gak lama kemudian di PHK, sempat jobless lama banget karena gak ada yang mau hire dia. Ayah saya cina, tapi Islam. Posisi yang cukup membingungkan buat situasi tersebut pokoknya. Mau kemana dia? Orang-orang pada waktu itu mainannya ras dan agama banget, saya yang masih SD aja ngerti kalo hidup saya berubah, sepertinya orangtua saya belum kepikiran prepare untuk masa-masa begini, makanan di kulkas gak sebanyak dulu, mobil-mobil di garasi entah kemana, rumah lantai atas yang waktu itu lagi dibangun berhenti gitu aja, les-les saya berhenti, sampai shampo dan sabun aja ganti, pokoknya saya gak hidup sesenang dan seringan anak-anak komplek lainnya yang pamer barbie dan tas baru mereka, saya cuma kagum ngeliatnya. Terus, yang jadi bapaknya si Rio ini juga mirip-mirip gitu sama engkong saya dulu; tua, sakit-sakitan, tapi tetep nyablak. Cina banget, ada dupa-dupaan dirumahnya, bau rumahnya juga beda. Kombinasi-kombinasi itu cukup bikin saya tersentuh dan berkaca-kaca pas filmnya mulai seru. Gila ya, gimana para veteran yang nonton Saving Private Ryan? Pantesan katanya pas premiere di bioskop US, banyak kakek-kakek yang keluar gitu aja ditengah film, keinget banget sama Perang Dunia II karena si Spielberg ini begitu realistis filmnya. Tapi ya, kecewa juga sih karena di akhir filmnya, mungkin buat nyenengin mayoritas, mungkin itu subliminal message juga, si Rio ceritanya masuk Islam. Zzzzzzz. Gak ada ending yang lebih multikulti lagi? Yah begitulah pokoknya.